Kamis, 19 Januari 2012

PRODUKSI PADI BENTENG JAMPEA CAPAI 12,96 TON / HEKTAR


CAPAI 12,96 TON/HEKTAR, INDIKATOR KEBERHASILAN SEKTOR PERTANIAN SELAYAR



Bupati Kepulauan Selayar H. Syahrir Wahab bersama Komandan Kodim 1415 Selayar Koordinator Kapten Inf. Abdullah

Bupati Kepulauan Selayar H. Syahrir Wahab, Ketua DPRD Selayar   Hasanuddin Chaer, Para Anggota Muspida,  Wakil Ketua Pengadilan Negeri Selayar Andrey Sigit Yanuar SH. Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Kepulauan Selayar diwakili Sekretarisnya Ir. Makkawaru dan Camat Pasimasumggu Drs. Ahmad Saepuddin MM. melakukan Panen  Raya di Dusun Dodak Desa Massungke Kecamatan Pasimasunggu Kabupaten Kepulauan Selayar.
Sesaat sebelum panen raya Bupati Kepulauan Selayar H. Syahrir Wahab dalam sambutannya mengatakan bahwa  apa yang kita capai hari ini merupakan hasil yang sangat maksimal mencapai 12,96 Ton perhektar. Ini merupakan sejarah baru yang patut dicatat bagi masyarakat  Dusun Dodak Desa Massungke Kecamatan Pasimasunggu Kabupaten Kepulauan Selayar. Kalau kita bersungguh sungguh yang diiringi  kerja keras maka hasilnya juga maksimal.
Dikatakannya Ini adalah merupakan  percontohan bagi masyarakat Benteng Jampea. Kalau caranya benar maksudnya dalam  pengelolaan sawah mulai dari Pengadaan bibit unggul, pemberian pupuk, pemanfaatan tehnologi serta pemberian  obat - obatan hasinya akan seperti ini.
Olehnya itu cara ini dapat diaplikasikan kepada petani yang lain. Diskusikan dan minta penjelasan dari petugas penyuluh. Muda – mudahan untuk musim tanam yang akan datang hasilnya dapat seperti ini. Pinta Bupati Selayar.
Bupati Kepulauan Selayar H. Syahrir Wahab mengemukakan kalau di daerah lain mengalami musim kering gagal panen  ( Puso )  di daerah kita bahkan panen raya. Rahmat bagi masyarakat Benteng Jampea. Sebelum berakhir masa jabatan Saya semua sarana dan prasarana pengairan dapat tuntas. Bupati meminta agar hasil produksi padi dapat didistribusikan di lima kecamatan kepulauan sehingga masayarakat mudah  mencari beras dengan kualitas yang lebih baik.. Olehnya itu Bupati akan merencanakan membangun lumbung beras di tiap kecamatan kepulauan.
Membuka Percetakan sawah baru karena ini merupakan program prioritas bagi Departemen Pertanian Republik Indonesia.
Atas nama Komandan Kodim 1415 Selayar Koordinator Kapten Inf. Abdullah dalam laporanya mengatakan pelaksanaan kegiatan Dem Parm tanaman padi sawah kerjasama Pemerintah Kabupatn
Kepulauan Selayar dengan Kodim 1415 Selayar  sangat berhasil Untuk itu Para  petani dapat mengaplikasikan dalam rangka
peningkatan pendapatan dan kesejahteraannya.
Berdasarkan  hasil ubinan bersama dengan petugas Tehnis Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Selayar dan PPL diperoleh produktifitas Gabah Kering Padi ( GKP) 12,96 Ton / Ha Untuk Gabah Kering Giling 11,21 Ton /
Ha  Beras 7,0 Ton/Ha. Dari hasil produksi tersebut diatas maka total produksi Dem Parm seluas 10 Ha sebanyak GKP 129,6
Ton/, GKG 112,1 Ton Beras 70 Ton.
Setelah masyarakat menyaksikan proses pelaksanaan Dem Parm serta hasil yang diperoleh pada umumnya masyarakat berminat untuk mengaplikasikan pada musim tanam yang akan datang. (Hum/Mul)
Sumber : Dikutip dari WASPADA POS Versi Cetak Edisi 100

0 komentar:

Posting Komentar

 

WASPADA NUSANTARA