Senin, 06 Juni 2011

RAMBUT RONTOK.....????? INI TIPSNYA

RAMBUT RONTOK.....????? INI TIPSNYA

Kerontokan rambut sebenarnya hal yang normal karena rambut memiliki siklus hidup sendiri. Yang perlu diwaspadai adalah jika kerontokan terjadi berkepanjangan, dengan jumlah rambut yang rontok diatas 100 helai per hari.
Sehelai rambut dapat bertahan tumbuh 3-5 tahun di kulit kepala yang sehat. Pada satu pori kulit kepala, rata-rata akan terjadi proses regenerasi pertumbuhan rambut hingga sebanyak 20 kali. Rambut tumbuh dan bertambah panjang kurang lebih 12 mm dalam kurun waktu satu bulan. Jika tidak mengalami pemotongan, rambut tersebut akan terus tumbuh hingga sepanjang 107 cm, sebelum rontok dan mengalami pertumbuhan baru pada pori yang sama.

Ilustrasi
NAMUN....sebelum membaca lebih lanjut tentang Tips Pengobatan Rambut Rontok ini, tentu terlebih dahulu kita harus mengetahui apasaja penyebab terjadinya kerontokan.

Nah....mari kita lihat dahulu penyebab kerontokan rambut ini....>>>>
  • Tidur dalam keadaan rambut terikat, sehingga me mbuatnya kusut dan mudah rontok
  • Menyisir (secara kasar) rambut dalam keadaan basah. Rambut yang basah menjadi lebih rapuh dan mudah rontok saat disisir.
  • Menata rambut dengan pengering bersuhu terlalu panas, sehingga membuat lapisan terluar rambut rusak, mudah patah juga rontok.
  • Terlalu sering memberikan obat kimia ke rambut seperti obat pelurus rambut, pengeriting dan sebagainya, sehingga membut rambut semakin rapuh.
  • Memilih shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut.
  • Keramas dengan air terlalu panas sehingga merusak lapisan rambut dan membuatnya rapuh

  • Pola Makan
Kerontokan rambut juga bisa terjadi karena gizi yang tidak seimbang dalam tubuh. Sebab kerontokan yang paling umum adalah anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Untuk mengatasinya, perlu menyantap makanan yang mengandung zat besi untuk menyeimbangkan kadar sel darah merah. Ikan dan sayuran hijau bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu vitamin C juga berfungsi mengasimilasi zat besi dalam tubuh. Anda disarankan menyantap aneka buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, stroberi dan sebagainya.
  • Stress
Hormon yang dilepas di dalam tubuh saat stres memengaruhi penyerapan vitamin B yang dibutuhkan untuk pigmentasi. Itulah mengapa tingkat stres tinggi membuat seseorang lebih cepat beruban. Stres emosional juga dapat menyebabkan alopecia, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel rambut. Kondisi ini yang kemudian memicu rambut rontok. Selain relaksasi, asupan suplemen vitamin B kompleks juga baik.
  • Gangguan Tiroid
Rambut rontok merupakan salah satu tanda terjadinya gangguan hormon tiroid. Terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon tiroid dalam tubuh mempengaruhi metabolisme dan siklus pertumbuhan rambut. Agar rambut kembali tumbuh dengan sehat adalah melakukan pijat kepala dan menutrisinya dengan protein setiap pagi.
Nah .....Jangan biarkan kerontokan rambut mengancam kecantikan Anda. Salah satu tips yang dapat kita coba  dalam mencegah kerontokan yakni dengan asupan makanan bergizi untuk mengembalikan kekuatan akar rambut.

Ikan, telur dan kacang
Pada dasarnya rambut kita terdiri dari protein, karena itulah makanan tinggi protein sangat disarankan untuk menjaga kesehatan rambut. Pilih protein tanpa lemak, seperti ikan, daging ayam, telur, kacang almond, yogurt, atau tahu. Makanan tinggi lemak akan membuat kadar hormon testoteron pada pria menurun yang berdampak pada rambut rontok.

Zat besi
Zat besi memegang peran penting dalam pembuatan hemoglobin, bagian darah yang bertugas mengangkut oksigen ke seluruh organ dan jaringan tubuh. Bila kadar hemoglobin kita bagus, oksigen pun bisa didistribusi sempurna. Ini berarti, sirkulasi darah bisa sampai ke akar rambut, yang akan merangsang pertumbuhan rambut.

Tambahkan makanan mengandung zat besi dalam menu diet Anda sehari-hari. Makanan seperti telur, sayuran hijau, kismis, serta sereal gandum utuh, merupakan sumber zat besi yang baik. Selain itu konsumsi pula vitamin C karena vitamin ini meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi.

Seafood
Pria yang mengalami kebotakan diketahui memiliki kekurangan zinc dalam tubuhnya. Zinc berperan dalam berbagai fungsi tubuh, mulai dari produksi sel hingga keseimbangan hormon, dan fungsi-fungsi ini memengaruhi pertumbuhan rambut. Selain itu, zinc berperan dalam kelenjar rambut yang "mengikat" akar rambut.

Bila kita kekurangan zinc, folikel rambut jadi lemah sehingga rambut  mudah terlepas dari akarnya. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan mengandung zinc tinggi, seperti daging merah, daging unggas, kacang, kerang, atau udang.
=========================================

Selain Tips diatas, kitapun dapat mengobati kerontokan rambut dengan menggunakan obat tradisional.
Nah...mari kita lihat apasaja bahan-bahannya...>>>>


Dengan Asam Jawa
Bahan:
- Buah Asam Jawa yang sudah tua (secukupnya)
- Air (secukupnya)


Pemakaian:
Campurkan Asam Jawa dan Air. Aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk mengurut kepala anda. Setelah beberapa menit proses pengurutan, cuci kepala anda dengan air bersih.
Dengan lidah buaya

Tanaman lidah buaya terbukti sangat ampuh mengatasi kerontokan bahkan dapat membuat rambut anda lebih bagus dan tebal. hal itu saya alami sendiri. Cara pemakaiannya:

  •  Ambil tanaman lidah buay yang berukuran besar dan memiliki daging yang banyak.
  • kemudian lidah buaya tersebut di belah dua dan ambil daging nya.
  •  lumuri seluruh bagian kepala anda dengan lidah buaya tersebut hingga merata.
  • diamkan hingga 10 – 15 menit.
  • kemudian anda cuci hingga bersih.
  • lakukan1 minggu 2x secara rutin.
===============================
Dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 

WASPADA NUSANTARA